VCO Asal Flores Bisa Penuhi Kebutuhan Industri

Maumere, Kabarpangan.com – Minyak kelapa murni (virgin coconut oil/VCO) sangat diperlukan untuk kesehatan dan kosmetik. Apalagi, selama pandemi Covid-19, konsumsi VCO bisa meningkatkan imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Saat ini, Department of Science and Technology (DOST) Filipina tengah mendalami kajian sejauh mana VCO mampu menangkal Covid-19.

Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu sentra kelapa sejak era-1950an. Harga olahan kelapa (umumnya kopra) yang tidak menentu dalam beberapa tahun terakhir menyebabkan petani lebih senang menjual buah kelapa gelondongan ke Surabaya, Jawa Timur.

Salah satu olahan kelapa yang belakangan banyak diminati adalah VCO yang diproduksi di beberapa wilayah di Flores. Salah satu yang cukup giat adalah Yosep Hendarsa bersama sejumlah kelompok tani yang menjadi mitranya di Desa Ribang, Kecamatan Koting, Kabupaten Sikka.

“Nilai tambah dengan mengolah menjadi minyak kelapa murni itu sangat besar. Manfaatnya pun banyak untuk kesehatan dan bisa diolah untuk berbagai keperluan lainnya,” ujarnya.

Setelah merintis usaha kelapa lebih dari satu dekade, Yos demikian panggilannya, kini sudah mampu memproduksi VCO secara rutin bersama 12 kelompok tani yang tersebar di empat desa, yaknin Nita, Bloro, Nele, dan Koting. Jangkauan pasar VCO yang diolah Yos sudah sampai wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur. “Beberapa melalui pesanan online, ada juga yang menjadi reseller kami. Untuk pasar lokal sudah ada di beberapa apotek di Flores, khususnya apotek K-24,” ujarnya.

VCO merek Rahmat dijual dengan berbagai ukuran. Untuk 100 ml dijual dengan harga Rp 18.000, untuk ukuran 250 ml dengan harga Rp 35.000, serta 500 ml dengan harga Rp 70.000. Animo yang cukup besar dari para petani mendorong Yos untuk memperlebar pasar agar terus berkembang. Selain pasar retail, dengan sejumlah konsolidasi di tingkat petani maka Yos bersama rekan-rekannya yakin bisa memenuhi permintaan skala industri secara rutin.

“Dengan jumlah kelompok dan pasokan bahan baku yang ada, kami bisa menggenjot produksi hingga 20 ton per bulan. Industri farmasi dan kosmetik sangat membutuhkan pasokan VCO sebagai salah satu bahan campurannya. Kualitas cukup terjamin, kami bisa sesuaikan dengan spesifikasi yang diminta untuk setiap jenis industri,” ujar mantan pelatih (trainer) profesional untuk tenaga kerja pertambangan ini.

Dikatakan, pasar industri tersebut sangat diharapkan bisa terwujud karena mempunyai dampak yang luar biasa pada petani dan masyarakat setempat. Tidak hanya produksi VCO, tetapi ekspansi tersebut juga akan membuka lapangan kerja baru di tengah masa transisi ini.
“Jika industri olahan kelapa berkembang maka dampaknya cukup besar. Tidak hanya kepada petani tetapi masyarakat dan sektor-sektor lainnya juga akan berkembang,” jelasnya. [KP-04]

Bagi yang berminat memesan VCO bisa menghubungi 081356564448 atau 081238742180.

kabarpangan.com || kabarpangan.id@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*