Dukung UMKM, Caleg PDIP Apresiasi Petani Belimbing

Rita bersama relawan dan ibu-ibu rumah tangga mengunjungi budidaya buah belimbing di Kelurahan Mekarwangi, Kota Bogor.

Bogor, Kabarpangan.com – Sistem pertanian kota (urban farming) bisa dikembangkan sebagai usaha sampingan untuk menopang perekonomian masyarakat. Selain tanaman sayur-sayuran, budidaya tanaman buah di pekarangan rumah juga bisa dioptimalkan. Sejumlah komoditas buah, seperti belimbing manis dan jambu, bisa dikembangkan sebagai penghasilan tambahan keluarga.

Untuk mendukung aktivitas warga tersebut, Rita Marcia Simanjuntak yang juga calon legislatif (Caleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk DPRD Provinsi Jawa Barat VII (Kota Bogor) dengan Nomor Urut 3, mendorong usaha budidaya tanaman buah tersebut. Apresiasi itu dilakukan dengan mengunjungi Usman yang juga pembudidaya belimbing manis dan jambu di Kelurahan Mekarwangi, Kota Bogor, Senin (8/4). Kunjungan ke pekarangan rumah Usman tersebut dilakukan sebelum bincang-bincang dengan para ibu rumah tangga yang tinggal tidak jauh dari Perumahan Bukit Cimanggu City, Bogor.

“Apa yang dilakukan Pak Usman yang memiliki beberapa pohon belimbing dan jambu ini sebenarnya bisa dikembangkan oleh warga lain,” ujar Rita yang juga jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

Coblos Nomor Urut 3

Usman mengatakan masyarakat sebenarnya bisa mengikuti jejaknya dengan menanam 2-3 pohon belimbing dan rutin melakukan perawatannya. Apalagi, untuk belimbing manis jenis Dewi dengan buah yang besar-besar membutuhkan ketekunan dalam budidayanya.

“Memang perlu biaya untuk beli bibit hasil cangkok, kemudian pupuk dan sedikit obat-obatan. Ini yang tidak semua warga bisa melakukannya sehingga butuh pendampingan,” ujar Usman.

Dia mengakui, warga cenderung mengeluh karena minimnya lahan untuk tanaman. Padahal, usaha tanaman buah dan sayur-sayuran tersebut sebenarnya bisa disiasati karena ada sejumlah bibit unggul dan teknik budidaya yang bisa dilakukan pada lahan sempit.

Usman hendak memetik buah belimbing.

Menanggapi hal itu, Rita berjanji akan menjadi anggota DPRD yang memberi perhatian penuh dalam pemberdayaan petani dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbasis pertanian.

Baca : Infrastruktur Terintegrasi Bukti Jokowi Dukung Swasembada Pangan

Komitmen yang sama juga disampaikan Heriyanto Soba selaku alumnus Magister Bisnis (MB) dari Sekolah Bisnis (SB) IPB ini. Budidaya tanaman di lahan yang sempit sebenarnya bukan menjadi persoalan utama. Apalagi, banyak kajian yang sudah dilakukan oleh kampus IPB termasuk budidaya dan pengolahan belimbing sebagai salah satu buah tropika.

“Ada sejumlah bibit unggul yang bisa berbuah dalam satu tahun. Buah yang dipanen pun bisa diolah lagi sehingga ada nilai tambahnya dibanding menjual utuh,” ujar Heriyanto Soba yang juga Caleg PDIP untuk DPRD Kota Bogor (Dapil Tanah Sareal) dengan Nomor Urut 3.

Baca : USAID SEA Kembangkan Kawasan Konservasi Perairan Morotai

Rita dan Heriyanto menilai pemberdayaan masyarakat dengan mengoptimalkan lahan pekarangan atau alternatif lahan tidur sebenarnya bisa menggerakkan aktivitas ekonomi masyarakat. Apalagi jika dikerjakan secara bersama karena permintaan pasar untuk buah-buahan segar masih sangat tinggi.

Coblos Partai Nomor 3 PDIP, Caleg DPRD Nomor 3.

Untuk diketahui, pengembangan buah belimbing manis ini sebenarnya sudah lama dilakukan oleh Kota Depok, Jawa Barat. Kelebihan dari Kota Depok tersebut karena memiliki banyak pohon belimbing berusia tua di sejumlah sentra kebun sehingga pasokannya pun berlimpah. Beberapa waktu lalu, beberapa usaha pengembangan belimbing di Depok bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) melalui Fakultas Farmasi (FF UI) mengembangkan produk olahan dari belimping. Produk olahan tersebut berupa makanan, cemilan, dan produk skin care/kosmetik. [KP-04]

kabarpangan.com // kabarpangan.id@gmail.com

 

# Jangan Golput, Gunakan Hak Pilihmu pada 17 April 2019 #

Ulah Hilap (Jangan Lupa) 1333

Coblos 01 untuk Presiden Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin

Selalu Ingat 3 adalah nomor PDIP (semua kertas Caleg)

Coblos Nomor Urut 3 untuk DPRD Jawa Barat (Rita Marcia Simanjuntak)

Coblos Nomor 3 untuk DPRD Kota Bogor (Heriyanto Soba).

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*